Home » Tutorial » 5 Cara Mengembalikan Kursor yang Hilang di Laptop ASUS

5 Cara Mengembalikan Kursor yang Hilang di Laptop ASUS

5 Cara Mengembalikan Kursor yang Hilang di Laptop ASUS

Apakah pernah terjadi pada kamu bahwa kursor pada laptop ASUS tiba-tiba menghilang dan membuat kamu bingung bagaimana cara mengembalikan kursor yang hilang di laptop ASUS? Tentu saja, situasi seperti ini dapat sangat mengganggu dan mengurangi produktivitas serta kenyamanan pengguna.

Kursor laptop memiliki peran yang sangat penting dalam mengontrol antarmuka pengguna di seluruh sistem operasi dan aplikasi. Adanya beberapa faktor yang dapat menyebabkan hilangnya kursor, mulai dari masalah pengaturan sistem, driver yang sudah usang, hingga masalah perangkat keras.

Cara Mengembalikan Kursor yang Hilang di Laptop ASUS Tanpa Mouse Untuk Semua Windows

Jadi, bagaimana cara mengembalikan kursor yang hilang di laptop ASUS? Langkah-langkah mudah untuk mengatasi masalah ini dapat kamu temukan di bawah ini.

1. Gunakan Tombol Fungsi

Untuk menampilkan kursor yang hilang di laptop ASUS, kamu dapat menggunakan tombol fungsi yang tersedia pada keyboard. Tombol ini memungkinkan kamu untuk mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad, yang sering kali terkait dengan masalah kursor yang hilang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Cara Pertama, cari tombol fungsi di keyboard laptop ASUS kamu. Biasanya, tombol ini bertanda Fn dan terletak di bagian bawah kiri atau kanan keyboard.
  2. Tahan tombol Fn ini, lalu tekan tombol fungsi yang dikhususkan untuk touchpad. Pada kebanyakan laptop ASUS, tombol ini adalah F6.
  3. Setelah menekan kombinasi tombol, perhatikan apakah kursor telah muncul kembali di layar. Jika touchpad telah diaktifkan kembali, kursor akan muncul dan bisa digunakan seperti biasa.
  4. Cobalah menguji fungsionalitasnya dengan menggerakkan kursor dan melakukan klik. Jika kursor bergerak dan berfungsi seperti yang diharapkan, maka masalah kursor yang hilang telah berhasil diatasi menggunakan tombol fungsi.

Baca Juga: Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop ASUS

2. Periksa Hotkey Touchpad

Memeriksa pengaturan touchpad adalah salah satu cara tambahan untuk mengatasi masalah kursor yang hilang di laptop ASUS. Melalui pengaturan ini, kamu dapat mengkonfigurasi berbagai aspek terkait touchpad, termasuk pengaturan sensitivitas dan aktivasi touchpad. Berikut adalah langkah-langkahnya yang lebih lengkap:

  1. Pertama, buka pengaturan touchpad melalui Control Panel atau Settings, tergantung pada versi sistem operasi yang kamu gunakan. Jika menggunakan Windows, kamu bisa membuka pengaturan melalui Control Panel atau Settings > Devices > Touchpad. Sedangkan untuk sistem operasi lainnya, langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda.
  2. Setelah masuk ke pengaturan touchpad, cari opsi yang mengontrol aktivasi atau deaktivasi touchpad. Biasanya, terdapat kotak centang atau opsi yang memungkinkan kamu untuk mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad. Jika touchpad telah dinonaktifkan, aktifkan kembali dengan memeriksa kotak centang atau opsi yang sesuai.
  3. Namun, jika opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad tidak ditemukan dalam pengaturan, kamu juga bisa menggunakan tombol fungsi pada keyboard. Tahan tombol Fn dan tekan tombol F6 atau F9 di laptop ASUS, yang biasanya terkait aktivasi atau deaktivasi touchpad di laptop ASUS. Ini bisa menjadi alternatif berguna jika tidak dapat mengakses pengaturan melalui sistem operasi.
  4. Setelah melakukan beberapa langkah di atas, perhatikan apakah kursor yang hilang di laptop ASUS telah muncul kembali di layar. Jika touchpad telah diaktifkan kembali, maka kursor yang hilang di laptop ASUS kamu akan muncul kembali. Pastikan untuk menguji fungsionalitas kursor dengan menggerakkannya dan melakukan klik untuk memastikan bahwa masalah telah terselesaikan.

Baca Juga: Cara Reset Laptop ASUS

3. Cek Pengaturan Kursor Mouse

Untuk cara mengembalikan kursor yang hilang di laptop ASUS, langkah berikutnya adalah dengan mengecek pengaturan mouse. Melalui pengaturan ini, kamu dapat menyesuaikan berbagai aspek terkait kursor dan touchpad, termasuk pengaturan sensitivitas dan visibilitas kursor. Berikut adalah langkah-langkahnya yang lebih lengkap:

  1. Pertama, buka menu Control Panel melalui menu Windows atau buka menu ini dengan menekan tombol Windows + X, lalu pilih Control Panel dari menu yang muncul. Ini akan membuka jendela Control Panel di mana kamu dapat mengakses berbagai pengaturan sistem.
  2. Setelah masuk ke bagian Control Panel, cari & selanjutnya pilih menu “Hardware and Sound“. Ini adalah tempat di mana pengaturan perangkat keras seperti mouse dan touchpad dapat ditemukan. Klik pada menu ini untuk melanjutkan.
  3. Selanjutnya, cari dan klik menu “Devices and Printers” untuk membuka daftar perangkat yang terhubung ke laptop ASUS kamu. Di sini, kamu akan melihat daftar perangkat keras dan perangkat lain yang terhubung ke laptop.
  4. Di dalam daftar perangkat, cari dan klik menu “Mouse” atau “Pointer Options“. Ini akan membuka pengaturan terkait kursor dan touchpad.
  5. Di dalam pengaturan kursor, cari opsi yang bernama “Hide Pointer While“. Klik opsi ini untuk memunculkan kembali kursor yang hilang di layar laptop. Perhatikan bahwa opsi ini mungkin berbeda-beda tergantung pada versi sistem operasi yang kamu gunakan.
  6. Setelah kamu memilih opsi “Hide Pointer While“, kamu bisa menyesuaikan pengaturan kursor sesuai kebutuhan. Misalnya, kamu dapat menyesuaikan kecepatan kursor, ukuran kursor, dan opsi lainnya sesuai preferensi penggunaan.

Baca Juga: Cara Screenshot di Laptop ASUS

4. Perbarui Driver yang Telah Usang

Ketika menghadapi masalah kursor hilang pada laptop ASUS, salah satu langkah yang dapat dicoba adalah memperbarui drivernya. Driver adalah perangkat lunak yang menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi, dan driver yang usang atau rusak dapat menyebabkan masalah pada kinerja perangkat keras, termasuk touchpad. Berikut ini adalah langkah-langkah lengkap untuk memperbarui driver yang usang:

  1. Pertama, identifikasi model touchpad yang digunakan oleh laptop ASUS milikmu. Informasi ini bisa ditemukan di situs web resmi ASUS atau melalui Device Manager di sistem operasi Windows. Jika menggunakan Device Manager, buka Device Manager dengan mengklik kanan pada tombol “Start” dan memilih “Device Manager” dari menu yang muncul. Di Device Manager, cari dan klik kanan pada “Touchpad” atau “Mouse and other pointing devices” untuk melihat detail model touchpad.
  2. Setelah mengetahui model touchpad, kunjungi situs web resmi ASUS untuk mencari driver terbaru untuk touchpad-mu. Pastikan untuk mengunduh driver yang sesuai dengan model laptop dan sistem operasi yang kamu gunakan. Di situs web resmi ASUS, cari dukungan atau bagian unduhan dan masukkan model laptop kamu untuk menemukan driver yang tepat.
  3. Alternatif lain adalah memperbarui driver touchpad melalui Device Manager di Windows. Klik kanan pada ikon “Start” dan pilih “Device Manager”. Di Device Manager, cari dan klik kanan pada “Touchpad” atau “Mouse and other pointing devices”, lalu pilih “Update driver”.
  4. Saat memperbarui driver, pilih opsi “Cari secara otomatis perangkat lunak driver yang diperbarui” untuk membiarkan Windows mencari dan menginstal driver terbaru secara otomatis. Atau, jika kamu telah mengunduh driver dari situs web resmi ASUS, pilih opsi “Telusuri komputer saya untuk perangkat lunak driver” dan arahkan ke lokasi file driver yang telah kamu unduh sebelumnya.
  5. Ikuti petunjuk yang muncul untuk menyelesaikan proses instalasi driver. Setelah selesai, restart laptop ASUS milikmu untuk menerapkan perubahan dan memastikan bahwa kursor di laptop ASUS telah kembali normal.

Baca Juga: Keyboard Laptop ASUS Tidak Berfungsi

5. Restart Laptop ASUS

Jika semua cara mengembalikan kursor yang hilang di laptop ASUS sebelumnya belum berhasil, restart laptop adalah langkah terakhir yang bisa diambil untuk mengatasi kursor hilang di laptop ASUS.

Meskipun terlihat sederhana, seringkali restart dapat membersihkan beberapa masalah kecil yang mungkin terjadi dalam sistem operasi atau perangkat keras. Berikut adalah langkah-langkah lengkapnya:

  1. Sebelum melakukan restart, pastikan untuk menyimpan semua hasil pekerjaan atau tugas penting lainnya. Langkah ini akan mencegah kehilangan data yang belum disimpan dan memastikan bahwa tidak ada pekerjaan yang terganggu.
  2. Setelah menyimpan pekerjaan, pastikan untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan di laptopmu. Ini termasuk aplikasi latar belakang dan program sistem yang mungkin mempengaruhi kinerja perangkat.
  3. Klik pada ikon “Start” di sudut kiri bawah layar untuk membuka menu Start.
  4. Di dalam menu Start, pilih opsi “Restart“. Alternatifnya, kamu juga bisa menekan kombinasi tombol Alt + F4 untuk membuka jendela shutdown, lalu pilih opsi restart dari sana.
  5. Biarkan laptop melakukan proses restart sepenuhnya. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada spesifikasi laptop dan jumlah aplikasi yang berjalan.
  6. Setelah laptop selesai di restart dan sistem operasi kembali aktif, periksa apakah kursor telah muncul kembali di layar.
  7. Jika kursor telah muncul setelah restart, maka langkah untuk memunculkan kursor di laptop ASUS dengan cara restart telah berhasil.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop ASUS

Inilah kelima metode yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kursor yang hilang di laptop ASUS dengan langkah-langkah mudah dan efektif. Dari menggunakan tombol fungsi hingga memeriksa pengaturan mouse, setiap solusi memberikan langkah-langkah yang dapat membantu dalam mengatasi kendala tersebut.

Semoga artikel dari DailyTekno kali ini tentang cara mengembalikan kursor yang hilang di laptop ASUS kali ini bermanfaat dan membantu kamu, terima kasih.

Bagikan ke: