Home » Tutorial » Cara Screenshot di Laptop ASUS Windows 10, 7 dan Lainnya

Cara Screenshot di Laptop ASUS Windows 10, 7 dan Lainnya

Cara Screenshot di Laptop ASUS Windows 10, 7 dan Lainnya

Untuk para pengguna laptop ASUS, mengetahui cara screenshot di laptop ASUS adalah hal penting dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari. Dengan begitu, membuat screenshot tidak lagi menjadi masalah.

Beberapa cara dapat digunakan untuk melakukan screenshot di laptop ASUS sesuai kebutuhan masing-masing pengguna. Pertama, cara paling umum adalah menggunakan tombol Print Screen.

Cukup tekan tombol “PrtSc” pada keyboard laptop ASUS, kemudian paste hasil tangkapan layar ke program editing foto atau dokumen yang kamu inginkan.

Cara kedua adalah dengan menekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan. Dengan cara ini, kamu bisa memilih area yang ingin di tangkap lebih spesifik. Selain itu, terdapat juga cara lain seperti menggunakan aplikasi tambahan atau fitur bawaan dari laptop ASUS.

Dengan menguasai berbagai cara screenshot di laptop ASUS, pekerjaan akan menjadi lebih efisien dan produktif. Dengan memahami cara screenshot di laptop ASUS, kamu dapat secara mudah membuat tangkapan layar untuk berbagai keperluan, baik itu untuk dokumentasi, presentasi, atau sekadar berbagi informasi dengan rekan kerja.

Cara Screenshot di Laptop ASUS Windows 10, 7 dan Lainnya

Dibawah ini adalah cara screenshot di laptop ASUS yang sudah DailyTekno rangkum dari berbagai sumber untuk mempermudah kamu.

1. Cara Screenshot Dengan Tombol Windows + PrtSc

Cara screenshot di laptop ASUS dengan tombol Windows + PrtSc sangat umum dan familiar bagi kebanyakan pengguna. Kombinasi sederhana dua tombol, kamu dapat secara mudah mendapatkan tangkapan layar yang diinginkan.

Pertama-tama, cukup tekan tombol ‘Windows’ dan ‘PrtSc’ secara bersamaan untuk melakukan proses screenshot di laptop ASUS. Jika layar berkedip, itu menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.

Yang menariknya, hasil screenshot akan secara otomatis tersimpan, sehingga tidak perlu repot lagi dalam menyimpan ulang file tersebut. Cara sederhana ini memastikan bahwa setiap tangkapan layar yang diambil akan terjamin keberhasilannya dan tersimpan aman dalam sistem.

Kamu bisa melakukan proses pengambilan screenshot tanpa harus menghabiskan waktu dalam menyimpan ulang file. Itulah keuntungan dari cara screenshot di laptop ASUS melalui cara ini, menjadikan pengalaman pengguna menjadi lebih praktis.

Baca Juga: Keyboard Laptop ASUS Tidak Berfungsi

2. Cara Screenshot Menggunakan Tombol PrtSc

Cara screenshot di laptop ASUS ini begitu mudah, hanya menggunakan satu tombol saja. Namun, untuk hasil yang lebih baik, kamu perlu memanfaatkan aplikasi pengedit gambar atau teks. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama, tekan tombol ‘PrtSc’ di keyboard untuk mengambil gambar seluruh layar laptop.
  2. Selanjutnya, edit hasil screenshot di clipboard, yang merupakan tempat penyimpanan data sementara.
  3. Setelah itu, salin dan simpan hasil screenshot ke folder tetap. Jangan lupa juga untuk menyimpan hasil screenshot di folder lain agar lebih terorganisir.

Sangat menarik melihat betapa praktisnya cara ini dalam mengambil screenshot di laptop ASUS. Kamu bisa langsung melampirkan hasil screenshot ke dokumen tanpa perlu menyimpannya terlebih dahulu.

Dengan langkah-langkah cara screenshot di laptop ASUS yang sederhana namun efektif ini, proses pengambilan screenshot menjadi lebih cepat dan efisien.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop ASUS

3. Cara Screenshot Dengan Menekan Alt + PrtSc

Ingin menangkap momen penting di layar laptop ASUS? Gunakan cara screenshot sederhana dengan kombinasi tombol ‘Alt + PrtSc’. Dengan cara ini, kamu dapat secara mudah membuat tangkapan layar dari jendela yang sedang aktif.

Namun, ingatlah bahwa hasilnya tidak akan langsung disimpan dalam folder laptop kamu. Terkadang, membutuhkan sedikit usaha ekstra untuk mengelola hasil screenshot. Setelah menekan tombol screenshot, gambar akan disimpan sementara di clipboard.

Untuk mengedit atau menyimpannya, kamu perlu membuka aplikasi penyunting gambar seperti Paint atau Photoshop. Kemudian, cukup salin hasil tangkapan layar dengan menekan ‘Ctrl + V’ dan mulailah mengeditnya sesuai keinginan.

Setelah selesai mengedit, jangan lupa untuk menyimpan hasilnya dengan menekan ‘Ctrl + S’ agar tidak hilang. Dengan menggunakan langkah-langkah ini, kamu dapat secara mudah membuat dan mengelola tangkapan layar laptop ASUS tanpa masalah.

4. Cara Screenshot Dengan Menekan Windows + H

Mengapa hanya sekadar melakukan screenshot, saat kamu bisa membagikan hasil tangkapan layarmu secara langsung? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan fitur ini di Laptop ASUS.

  1. Pertama, tekan kombinasi tombol Windows + H secara bersamaan.
  2. Setelah itu, perintah akan segera membuat tangkapan layar dari jendela yang sedang aktif. Biasanya, jendela ‘Share’ akan muncul di sisi kanan layar laptop ASUS.

Melalui jendela tersebut, kamu dapat langsung membagikan hasil tangkapan layar ke berbagai platform tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu. Proses ini tidak hanya mudah namun juga sangat praktis, bukan?

5. Cara Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Cara screenshot di laptop ASUS menggunakan fitur Snipping Tool cukup mudah dan praktis, berikut cara screenshotnya:

  1. Pertama-tama, tentukan tampilan yang ingin ditangkap dan tekan tombol ‘Start Windows’, ‘Shift’, dan ‘S’.
  2. Snipping Tool akan muncul, siap untuk membantumu dalam proses pengambilan screenshot.

Dalam Snipping Tool, kamu akan diberikan empat opsi berbeda untuk menangkap layar laptop ASUS.

  1. Pertama adalah Rectangular Snip, yang memungkinkan untuk mengambil screenshot dalam bentuk persegi panjang yang dapat diubah ukurannya sesuai kebutuhan.
  2. Kemudian ada Free-form Snip, yang memungkinkan membuat tangkapan layar sesuai bentuk yang kamu inginkan.
  3. Windows Snip memungkinkan untuk mengambil screenshot dari jendela yang sedang aktif, sedangkan Full-screen Snip akan menangkap seluruh tampilan layar laptop.

6. Cara Screenshot Menggunakan Snagit

Lebih mutakhir dari sebelumnya, Snagit tidak hanya menawarkan tangkapan layar dalam bentuk gambar, tetapi juga dalam bentuk video. Melalui fitur ini, pengguna dapat lebih fleksibel dalam memilih jenis tangkapan layar yang diinginkan.

Namun, untuk dapat menikmati fitur unggulan ini, pengguna perlu menginstal aplikasi Snagit terlebih dahulu pada laptop mereka. Setelah berhasil menginstal aplikasi Snagit, berikut adalah langkah-langkah cara screenshot di laptop ASUS secara mudah dan cepat.

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Snagit dan klik tombol ‘Capture’.
  2. Selanjutnya, pilih layar yang ingin didokumentasikan tampilannya, lalu klik tombol kamera untuk mengambil gambar.
  3. Setelah itu, kamu dapat mengedit hasil tangkapan layar sesuai keinginan.
  4. Terakhir, simpan gambar ke dalam file untuk kemudian dapat dibagikan kepada orang lain.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat tangkapan layar dengan kualitas terbaik melalui laptop ASUS.

7. Cara Screenshot Menggunakan Aplikasi GreenShot

Berikut merupakan panduan lengkap cara screenshot di laptop ASUS menggunakan aplikasi GreenShot. Dengan aplikasi ini, kamu dapat secara mudah menangkap layar dan mengambil gambar sesuai kebutuhan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi GreenShot melalui browser di laptop ASUS.
  2. Setelah proses unduh selesai, instal aplikasi tersebut dengan mengikuti petunjuk yang ada.
  3. Setelah GreenShot terinstal, buka aplikasi tersebut dan temukan ikon ‘Capture/ScreenShot’.
  4. Klik ikon tersebut untuk mulai mengambil screenshot sesuai keinginan.

Dalam proses pengambilan screenshot, kamu bisa memilih jenis screenshot yang ingin kamu ambil. Setelah screenshot selesai diambil, kamu dapat menyimpan hasilnya langsung di laptop ASUS.

8. Cara Screenshot Menggunakan ShareX

Kamu pernah mencoba aplikasi ShareX untuk mengambil screenshot layar di laptop ASUS? ShareX tidak hanya memungkinkan kamu untuk secara mudah mengambil gambar layar, tetapi juga menyediakan berbagai fitur tambahan yang membuatnya unggul dari aplikasi sejenis lainnya.

  1. Untuk mengambil screenshot di laptop ASUS menggunakan ShareX, pertama-tama pastikan kamu telah mengunduh dan menginstal aplikasinya.
  2. Setelah itu, buka aplikasi ShareX dan klik menu ‘Capture/Screenshot’.
  3. Dari sana, kamu dapat menentukan bagian layar mana yang ingin diabadikan dengan gambar.
  4. Setelah selesai, simpan data screenshot tersebut di dalam laptop kamu untuk referensi atau berbagi dengan orang lain.

Dengan cara screenshot di laptop ASUS tersebut, kamu dapat secara mudah mengambil screenshot layar di laptop ASUS kamu menggunakan aplikasi ShareX.

9. Cara Screenshot Menggunakan PhotoScape

Langkah terakhir tentang cara screenshot di laptop ASUS adalah menggunakan aplikasi Photoscape. Photoscape sudah menjadi aplikasi yang sangat populer dalam dunia pengeditan foto.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa Photoscape juga dapat digunakan untuk mengambil screenshot layar.

  1. Untuk mengambil screenshot dengan Photoscape, pertama-tama buka perangkat laptop kamu.
  2. Kemudian, buka aplikasi Photoscape yang sudah diunduh dan diinstal.
  3. Setelah itu, cari dan klik ikon ‘Screen Capture’ di dalam aplikasi.
  4. Kamu akan dapat melihat layar laptop kamu dipindai dan dapat mengatur area tangkapan layar yang ingin kamu ambil.
  5. Setelah kamu puas dengan area yang ingin diambil, cukup klik tombol untuk menyimpan hasil tangkapan layar tersebut.

Kamu juga dapat menyesuaikan kualitas dan format file hasil tangkapan layar sesuai kebutuhan. Dengan begitu, kamu dapat mengambil screenshot di laptop ASUS kamu dengan menggunakan aplikasi Photoscape.

Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai cara screenshot di laptop ASUS di windows 10, 7 atau lainnya. Dari menggunakan tombol keyboard hingga aplikasi pihak ketiga, kamu sekarang memiliki beragam pilihan untuk memilih cara paling sesuai kebutuhan.

Penting untuk diingat bahwa mengambil screenshot dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam berbagai situasi, baik itu untuk menyimpan informasi penting, berbagi konten menarik, atau bahkan hanya untuk membuat catatan pribadi.

Dengan mengetahui cara tepat untuk melakukannya, kamu dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam penggunaan laptop ASUS kamu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan selamat mencoba!

Bagikan ke: