Home » Tutorial » 10 Cara Mengatasi Keyboard Laptop ASUS Tidak Berfungsi

10 Cara Mengatasi Keyboard Laptop ASUS Tidak Berfungsi

10 Cara Mengatasi Keyboard Laptop ASUS Tidak Berfungsi

Ada berbagai cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ketika keyboard laptop ASUS tidak berfungsi secara baik. Keyboard, atau sering disebut sebagai papan ketik, merupakan salah satu perangkat vital dalam komputer berfungsi untuk memasukkan data ke dalam sistem.

Jika keyboard laptop ASUS tidak berfungsi dengan baik, hal ini bisa menghambat aktivitasmu yang sedang kamu kerjakan. Namun, tidak selalu diperlukan untuk membawa papan ketik yang bermasalah ke tempat servis laptop.

Sebagai pemilik laptop ASUS, kamu bisa mencoba beberapa metode di bawah ini jika masalahnya tergolong ringan. Berikut adalah beberapa metode yang bisa kamu coba:

Cara Mengatasi Keyboard Laptop ASUS Tidak Berfungsi

ASUS merupakan salah satu merek laptop yang memiliki jutaan pengguna di Indonesia. Sebagai merek asal Taiwan, ASUS telah meluncurkan berbagai model laptop yang dibekali dengan spesifikasi mumpuni namun tetap memiliki harga yang bersahabat.

Seperti halnya perangkat lainnya, terkadang pengguna mengalami kendala pada bagian keyboard laptop ASUS mereka. Ketika komponen tersebut tidak berfungsi dengan baik, penggunaan laptop tidak bisa dilakukan dengan optimal.

Dari informasi yang dihimpun dari ASUS.com, terdapat beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi masalah ketika keyboard laptop ASUS tidak berfungsi dengan baik.

1. Install Ulang Driver Device Manager

Selain menggunakan cara-cara tersebut, ada solusi lain yang bisa kamu coba, yaitu melalui proses instal ulang Device Manager. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk melakukan hal ini:

  1. Pertama-tama, buka menu ‘Device Manager’ melalui Windows Search Bar. Kamu dapat menemukan Windows Search Bar di bagian bawah kiri layar komputermu.
  2. Setelah itu, pilih opsi ‘Open’ yang terletak di sidebar kanan setelah menemukan ‘Device Manager’ dalam hasil pencarian.
  3. Di dalam Device Manager, cari dan pilih opsi untuk menginstal ulang driver keyboard. Untuk melakukannya, kamu perlu mengklik tkamu drop down yang terletak di sebelah kategori ‘Keyboard’.
  4. Selanjutnya, klik kanan pada nama keyboard yang terinstal dan pilih opsi ‘Uninstall Device’ dari menu yang muncul.
  5. Setelah memilih ‘Uninstall Device’, akan muncul jendela konfirmasi. Klik ‘Uninstall’ untuk melanjutkan proses penghapusan. Secara otomatis, semua perangkat di kategori keyboard akan dihapus dari sistem.
  6. Terakhir, setelah proses penghapusan selesai, mulai ulang komputer kamu. Dengan melakukan restart, sistem akan secara otomatis memasang ulang driver keyboard yang dibutuhkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat mencoba untuk memperbaiki masalah keyboard laptop ASUS tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Charger Laptop ASUS

2. Gunakan Keyboard Troubleshooter

Troubleshooter merupakan sebuah metode atau upaya perbaikan yang dilakukan secara sistematis untuk mengatasi kegagalan atau masalah yang terjadi pada sistem komputer.

Jika kamu mengalami masalah dengan keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan optimal, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mencoba menyelesaikannya.

  1. Pertama-tama, buka menu ‘Troubleshoot Settings’ dengan mengetik dan mencarinya di bilah pencarian Windows. Kamu bisa menemukan bilah pencarian Windows di bagian bawah layar komputermu. Setelah menemukan ‘Troubleshoot Settings’ dalam hasil pencarian, klik untuk membukanya.
  2. Setelah masuk ke dalam ‘Troubleshoot Settings’, pilih opsi ‘Other Troubleshooters’. Kemudian, klik ‘Run’ untuk menjalankan proses penyelesaian masalah.
  3. Selanjutnya, ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk mendeteksi masalah yang terjadi dan menemukan solusi yang dapat dilakukan. Troubleshooter akan melakukan berbagai langkah untuk mencari tahu penyebab masalah keyboard dan menyarankan langkah-langkah yang dapat kamu ambil untuk memperbaikinya.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat mencoba untuk mengatasi masalah keyboard yang tidak berfungsi dengan optimal pada laptop ASUS kamu. Troubleshooter akan membantu kamu dalam proses identifikasi dan penyelesaian masalah secara sistematis.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop ASUS

3. Restore System dari Restore Point

Jika kamu mengalami masalah dengan keyboard yang terjadi baru saja, ada langkah tambahan yang dapat kamu lakukan yaitu mengembalikan sistem ke titik sebelum masalah keyboard terjadi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, buka bilah pencarian Windows dan ketikkan ‘Create a Restore Point’. Setelah itu, klik opsi ‘Open’ untuk membukanya.
  2. Dalam jendela ‘System Properties’ yang terbuka, pilih tab ‘System Protection’, lalu klik tombol ‘System Restore’.
  3. Selanjutnya, tekan tombol ‘Next’ untuk melanjutkan proses.
  4. Kamu akan melihat daftar restore point yang tersedia. Pilih restore point yang ingin kamu gunakan dari daftar tersebut, kemudian klik ‘Scan for Affected Programs’ untuk memeriksa program yang akan terpengaruh oleh pengembalian sistem.
  5. Layar akan menampilkan daftar item yang bisa dihapus untuk mengembalikan performa perangkat ke kondisi sebelum masalah terjadi. Jika kamu setuju dengan perubahan yang akan dilakukan, pilih ‘Close’ dan lanjutkan dengan menekan tombol ‘Next’.
  6. Konfirmasikan apakah restore point yang dipilih sudah benar atau tidak, kemudian klik ‘Finish’ untuk memulai proses pengembalian sistem.
  7. Setelah proses selesai, kamu akan diminta untuk me-restart komputer untuk menerapkan perubahan. Pilih ‘Yes’ untuk memulai sistem dari restore point yang dipilih.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat mencoba untuk mengatasi masalah keyboard yang terjadi pada laptop ASUS kamu dengan mengembalikan sistem ke titik sebelum masalah terjadi

Ini merupakan langkah tambahan yang dapat membantu memperbaiki masalah keyboard laptop ASUS tidak berfungsi secara efektif.

Baca Juga: Cara Screenshot di Laptop ASUS

4. Perbarui dan Konfirm BIOS

Memutakhirkan software biasanya dapat membantu meningkatkan stabilitas dan pengoptimalan sistem secara keseluruhan. Setiap pemilik laptop dapat melakukan pemutakhiran BIOS melalui komponen Utility yang tersedia.

Dengan memutakhirkan sistem, BIOS memiliki kemampuan untuk menerjemahkan data yang diberikan oleh keyboard dengan lebih baik. Hal ini sangat penting karena keyboard adalah salah satu perangkat input paling sering digunakan dalam penggunaan laptop sehari-hari.

Melalui pemutakhiran BIOS, pengguna dapat memastikan bahwa keyboard berfungsi dengan optimal dan responsif.Selain itu, tindakan memutakhirkan BIOS juga dapat membantu meningkatkan performa laptop secara keseluruhan.

Hal ini terutama berlaku jika laptop sebelumnya mengalami gangguan atau masalah yang disebabkan oleh bug atau kerentanan sistem. Dengan menginstal pemutakhiran BIOS terbaru, kamu dapat mengatasi berbagai masalah tersebut dan meningkatkan kinerja laptop ASUS kamu secara signifikan.

Dengan demikian, melakukan pemutakhiran BIOS merupakan langkah yang penting bagi pemilik laptop untuk memastikan bahwa sistem mereka berjalan dengan lancar dan optimal. Pastikan untuk selalu memeriksa dan menginstal pemutakhiran BIOS yang tersedia secara berkala untuk memaksimalkan kinerja laptop ASUS.

Baca Juga: Cara Reset Laptop ASUS

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop ASUS Tidak Berfungsi Sebagian

Jangan khawatir jika keyboard laptop ASUS tidak berfungsi, karena tidak selalu harus langsung dibawa ke tempat servis laptop. Kamu sebenarnya bisa mencoba untuk mengatasinya sendiri tanpa perlu membuang-buang uang.

Penasaran dengan cara memperbaiki keyboard laptop ASUS tidak berfungsi sebagian dengan cara yang mudah dan cepat? Yuk, simak beberapa langkah di bawah ini agar keyboard kamu bisa kembali berfungsi normal!

1. Restart

Salah satu cara paling sederhana untuk memulihkan masalah keyboard laptop ASUS tidak berfungsi sebagian adalah melakukan restart. Tindakan ini seringkali terbukti efektif dalam mengatasi beberapa kendala yang mungkin terjadi pada sistem operasi. Sebelum mengambil langkah-langkah lain, disarankan untuk mencoba metode ini terlebih dahulu.

Untuk melakukan restart, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengklik “Start Menu” di pojok kiri bawah layar. Kemudian, tekan tombol power di laptop kamu dan tahan hingga perangkat mati. Setelah itu, hidupkan kembali laptop kamu dan periksa apakah masalah keyboard sudah teratasi.

Jika setelah melakukan restart masalah masih belum terselesaikan, kamu dapat mencoba langkah lain seperti memeriksa koneksi fisik keyboard atau mengupdate driver keyboard pada laptop ASUS kamu. Jika kendala masih persisten, disarankan untuk membawa laptop kamu ke pusat servis terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

2. System Restore

Biasanya, beberapa keyboard laptop ASUS tidak berfungsi setelah menginstal suatu program. Namun, jangan khawatir jika hal ini terjadi, karena ada solusi yang dapat kamu lakukan yaitu melakukan system restore. Dengan melakukan langkah ini, laptop kamu akan kembali ke kondisi sebelum instalasi program yang menyebabkan masalah pada keyboard.

System restore adalah cara efektif untuk mengatasi masalah keyboard tidak berfungsi setelah menginstal program tertentu. Dengan melakukan restore, secara otomatis program-program yang menyebabkan masalah akan dihapus dari sistem kamu.

Namun, penting untuk diingat bahwa saat melakukan system restore, semua data yang disimpan setelah instalasi program tersebut juga akan hilang. Oleh karena itu, sebelum melakukan system restore, pastikan untuk melakukan backup semua data penting yang ada di laptop kamu.

Dengan begitu, kamu tidak akan kehilangan informasi berharga meskipun harus mengembalikan laptop ASUS ke kondisi sebelumnya.

3. Periksa Driver Keyboard

Permasalahan yang terjadi pada driver laptop dapat menyebabkan keyboard laptop ASUS tidak berfungsi sebagian atau bahkan seluruhnya. Hal ini bisa disebabkan oleh pemasangan perangkat lunak dari pihak ketiga, serangan virus, atau faktor lainnya.

Untuk mengatasinya, langkah pertama yang dilakukan adalah memeriksa driver laptop dengan teliti. Caranya adalah dengan membuka “Device Manager” melalui kolom pencarian di “Start Menu”. Setelah masuk ke “Device Manager”, perhatikan menu “Keyboards”. Jika terdapat tkamu segitiga kuning, itu menkamukan bahwa driver keyboard sedang bermasalah.

Untuk memperbaikinya, unduhlah driver terbaru dari situs resmi ASUS. Selain itu, kamu juga bisa melakukan langkah yaitu mengklik dua kali pada jenis keyboard tercantum di bagian bawah “Keyboards” untuk mencari driver dibutuhkan. Kemudian pilih menu driver dan klik “Update Driver” agar keyboard dapat berfungsi seperti semula.

4. Cek Fungsi Num Lock

Fungsi Num Lock yang tidak aktif pada saat akan menginput nomor juga dapat menjadi penyebab mengapa keyboard laptop ASUS tidak berfungsi sebagian. Ketika Numlock tidak aktif, karakter yang muncul saat kamu menekan angka biasanya akan berbeda dari tombol yang kamu tekan.

Misalnya, ketika kamu menekan angka 8, yang muncul adalah angka lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, aktifkan atau nonaktifkan fungsi ini dengan menekan tombol Num Lock pada PC. Pada laptop, lakukan hal yang sama yaitu menekan tombol FN dan Num Lock.

Jika keyboard laptop ASUS kamu tidak berfungsi, coba periksa terlebih dahulu apakah Num Lock sudah aktif atau tidak. Pastikan juga tidak ada debu atau kotoran yang mengganggu kinerja keyboard.

Jika masalah masih terjadi, coba restart laptop kamu atau periksa driver keyboard di Device Manager. Jika semua langkah tersebut tidak memperbaiki masalah, mungkin ada kerusakan hardware yang perlu diperbaiki oleh teknisi profesional.

5. Bersihkan Kotoran dan Debu

Kotoran dan debu menempel di bawah tombol-tombol dapat menjadi penyebab utama mengapa keyboard laptop ASUS kamu tidak berfungsi dengan baik. Semakin lama penggunaan laptop, semakin banyak pula kotoran dan debu yang terakumulasi di dalamnya.

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan sela-sela keyboard secara rutin agar kinerjanya tetap optimal. Salah satu cara paling mudah untuk membersihkan keyboard adalah dengan membalik atau memiringkan laptop sekitar 45-70 derajat sambil menggoyang-goyangkannya.

Hal ini akan membantu kotoran dan debu yang menempel di bawah tombol-tombol untuk terlepas. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan alat pembersih khusus keyboard berbentuk mirip vakum kecil yang tersedia di pasaran.

Dengan membersihkan keyboard secara rutin, kamu dapat mencegah masalah keyboard laptop ASUS kamu yang tidak berfungsi dengan baik akibat kotoran dan debu menumpuk. Pastikan untuk melakukan pembersihan secara berkala agar laptop tetap dalam kondisi optimal dan dapat digunakan dengan lancar.

6. Lepaskan Baterai

Kadang-kadang, masalah dengan keyboard pada laptop bisa terjadi karena perlu dilakukan reset secara fisik. Jika keyboard laptop ASUS kamu tidak berfungsi, kamu dapat mencoba memperbaikinya dengan langkah-langkah berikut. Pertama, matikan laptop kamu dan lepaskan baterai serta kabel adapternya.

Biarkan laptop dalam keadaan mati selama sekitar satu menit, kemudian tekan dan tahan tombol power beberapa detik. Setelah itu, pasang kembali baterai laptop dan sambungkan kabel adapter seperti semula. Cobalah untuk menghidupkan laptop kamu seperti biasa.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, kamu dapat memberikan kesempatan bagi laptop ASUS kamu untuk melakukan reset fisik dan memperbaiki masalah keyboard laptop ASUS tidak berfungsi sebagian.

Pastikan untuk mengikuti instruksi dengan hati-hati dan teliti agar tidak merusak komponen laptop kamu. Jika setelah melakukan langkah-langkah tersebut masalah masih belum teratasi, disarankan untuk membawa laptop kamu ke layanan teknis terpercaya untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

7. Ubah Layout Keyboard

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah keyboard laptop ASUS tidak berfungsi adalah dengan mengubah layout-nya. Kemungkinan akar masalahnya adalah karena layout yang digunakan tidak cocok dengan keyboard tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengklik start dan mencari menu language settings. Kemudian pilih bahasa yang diinginkan dan pilih opsi untuk menggunakan layout US QWERTY.

Dengan mengubah layout keyboard, diharapkan masalah yang terjadi pada keyboard laptop ASUS dapat teratasi dan kembali berfungsi dengan baik. Pastikan untuk memilih layout yang sesuai dengan keyboard yang digunakan agar tidak terjadi masalah serupa di kemudian hari.

8. Ganti Keyboard Bawaan

Jika kamu telah mencoba berbagai metode namun masih belum menemukan solusi tepat untuk masalah keyboard laptop ASUS tidak berfungsi, maka mungkin saatnya untuk mempertimbangkan penggantian keyboard bawaan dengan yang baru. Kemungkinan besar keyboard lama sudah mengalami kerusakan dan tidak dapat lagi digunakan secara baik.

Dengan mengganti keyboard bawaan yang rusak, kamu dapat kembali menggunakan laptop ASUS kamu seperti biasa tanpa hambatan. Keyboard yang baru akan memastikan kinerja laptop kamu tetap optimal dan nyaman digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Penting untuk memilih keyboard yang sesuai dengan model laptop ASUS kamu agar kompatibilitas dan kualitasnya terjamin. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi komputer profesional untuk membantu kamu dalam proses penggantian keyboard.

9. Pakai On-Screen Keyboard

Apabila keyboard laptop ASUS tidak berfungsi dan kamu sedang dalam situasi mendesak tanpa waktu untuk mencari solusi lain, jangan khawatir. Sebagai alternatif sementara, kamu dapat menggunakan on-screen keyboard yang tersedia pada laptop kamu.

Caranya cukup mudah, pertama-tama buka start menu, pilih program, kemudian pilih accessories, akhirnya pilih accessibility. Namun, jika kamu menginginkan cara lebih cepat & praktis, cukup tekan tombol Windows + R secara bersamaan, lalu ketik OSK dan tekan enter.

Dengan menggunakan on-screen keyboard ini, kamu tetap dapat melakukan aktivitas komputasi dasar meskipun keyboard fisik kamu mengalami masalah.

Meskipun bukan solusi permanen, namun ini merupakan cara yang efektif untuk mengatasi masalah sementara kamu. Jadi, jangan panik jika keyboard laptop ASUS kamu tiba-tiba tidak berfungsi, karena masih ada alternatif yang dapat membantu kamu tetap produktif.

10. Pasang Keyboard Eksternal

Bagi sebagian orang, penggunaan on-screen keyboard seringkali dianggap merepotkan dan menyulitkan proses mengetik. Jika kamu merasa malas terus-menerus menggunakan on-screen keyboard, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan pemasangan keyboard eksternal.

Namun, sebelum mengambil langkah ini, pastikan terlebih dahulu bahwa keyboard laptop ASUS kamu benar-benar tidak berfungsi dan tidak dapat diperbaiki. Keyboard eksternal dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan produktivitas dalam mengetik, terutama bagi mereka yang merasa tidak nyaman dengan on-screen keyboard.

Dengan keyboard eksternal, kamu dapat menikmati pengalaman mengetik yang lebih nyaman dan efisien. Pastikan untuk memilih keyboard eksternal yang kompatibel dengan laptop ASUS kamu untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa koneksi antara keyboard dan laptop agar dapat berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki keyboard laptop ASUS tidak berfungsi sebagian. Dari membersihkan keyboard hingga mengganti driver, setiap langkah memiliki potensi untuk memperbaiki masalah yang kamu alami.

Penting untuk diingat bahwa ketika menghadapi masalah keyboard laptop ASUS tidak berfungsi, kesabaran dan ketelitian sangat diperlukan. Jangan ragu untuk mencoba beberapa langkah yang disarankan sebelum memutuskan untuk membawa laptop kamu ke tukang servis.

Jika setelah mencoba semua langkah tersebut keyboard masih tidak berfungsi, kemungkinan besar ada masalah hardware yang perlu diperbaiki oleh profesional. Jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan ASUS atau membawa laptop kamu ke pusat servis resmi ASUS terdekat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami masalah keyboard laptop ASUS tidak berfungsi. Terima kasih telah membaca!

Bagikan ke: